Kota Kotamobagu Terbaik Ke-II Se-Sulut, Pelayanan KB Sejuta Akseptor
Diposting pada : 20 Agustus 2020 / Dilihat : 112

Kotamobagu - Berdasarkan Surat dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Nomor : 21/KB.01/J3/2020, Perihal : Pengumuman Pemenang Lomba Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor, Kota Kotamobagu mendapat hasil yang cukup memuaskan, dengan menjadi terbaik Ke-II Kabupaten/Kota Se-Sulut untuk Kategori Capaian KB Pasca Persalinan/Pasca Keguguran.

Perwakilan BKKBN Provinsi Sulut menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya atas partisipasi seluruh kepada Kabupaten/Kota dan ucapan selamat untuk Kabupaten/Kota yang terpilih sebagai pemenang lomba Pelayanan Sejuta Akseptor. kiranya apa yang sudah dicapai dapat menunjang akses dan kualitas pelayanan KB di Sulawesi Utara.

Adapun kegiatan lomba ini, digelar dalam rangka Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) Ke-27 Tahun 2020, yang diselenggarakan oleh BKKBN secara serentak di seluruh daerah, pada tanggal 29 Juni 2020 yang lalu, dan berhasil mendapatkan penghargaan Rekor MURI sebagai layanan KB serentak yang diikuti lebih dari 1 juta akseptor dalam waktu satu hari.

Untuk diketahui pada pelaksanaan Harganas Ke-27 Tahun 2020 di Kota Kotamobagu, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Kotamobagu, melaksanakan pelayanan KB sejuta akseptor dilakukan di Puskesmas dengan prioritas Puskesmas Rawat Inap, Praktek Mandiri Bidan (PMB), kunjungan rumah, Rumah Sakit/Faskes, dan Pelayanan KB Bergerak. Layanan diberikan mencakup pelayanan KB baru termasuk KB Pasca persalinan, KB ulangan, dan KB ganti cara. 

Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan tetap mengikuti prosedur pencegahan Covid-19, yaitu jaga jarak serta menggunakan masker, sedangkan untuk bidan yang melakukan pelayanan KB, menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap dengan baju hazmat dan masker medis. (adm).